Mangga: Kenali Klasifikasi, Asal, Jenis dan Manfaatnya


Siapa sih yang masih belum kenal dengan buah mangga?? Si manis dengan warna daging buah oranye kekuningan jika sudah matang, berbentuk oval ataupun bulat serta memiliki permukaan kulit yang halus??


Pasti semuanya kenal dan sudah pernah merasakan betapa nikmatnya rasa buah yang satu ini. Buah mangga jika sudah matang dapat dimakan begitu saja dan dijadikan olahan makanan lainnya. mangga mentah juga sering dijadikan sebagai salah satu isian rujak buah ataupun manisan.


Namun, tidak semua buah mangga memiliki rasa yang manis. Untuk beberapa jenis buah mangga ada yang memiliki rasa asam terutama saat masih mentah.


Ingin mengenal lebih jauh tentang buah mangga, baik dari asal, klasifikasi, jenis dan manfaatnya? Yuk, simak artikel berikut ini.


Buah Mangga

Nama mangga berasal dari bahasa Tamil, yaitu mankay. Man artinya pohon mangga dank ay artinya buah. Kata mangga tersebut kemudian dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis yang kemudian diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Spanyol dan Inggris) dan masih banyak yang lainnya.


Buah yang satu ini berasal dari daerah perbatasan India dengan Burma, yang juga tersebar dibeberapa negara di Asia Tenggara sekitar 1500 tahun silam.


Buah mangga tergolong dalam kelompok buah batu (drupe) yang memiliki daging. Untuk ukuran buah ini sangat beragam, tergantung jenisnya. Namun secara umum, panjang buah ini berkisar 25 – 30 cm. Biasa pada ujung buah berbentuk sedikit runcing dan sering disebut paruh.


Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, buah mangga memiliki daging buah berwarna oranye kekuning-kuningan dan biji yang berwarna putih, berbentuk gepeng memanjang sesuai dengan panjang buahnya.


Bau dari buah ini sangat kuat. Dari masih mentah hingga matang, baunya memiliki ciri khas. Bahkan terkadang daunnya memiliki bau yang sama dengan buahnya.


Klasifikasi Buah Mangga

Buah pemilik marga Mangifera ini terdiri atas 35-40 anggota buah dari suku Anaardiaceae, diklasifikasikan sebagai berikut:


Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledonae

Ordo : Sapindales

Famili : Anacardiaceae

Genus : Mangifera

Spesies : Mangifera indica


Jenis-jenis Buah Mangga

Karena tersebar di beberapa negara yang ada di Asia Tenggara, membuat buah mangga ini berkembang dan memiliki jenis buah yang sangat beragam. Di Indonesia sendiri, buah mangga sangat gampang dijumpai, terutama ketika sedang musim buah.


Berikut beberapa jenis buah mangga yang bisa kamu temukan di tanah air.


Mangga arumanis, mangga apel, mangga golek, mangga madu, mangga manalagi, mangga alpukat, mangga gedong gincu, mangga indramayu, mangga pakel, mangga kweni, mangga kemang, mangga lalijiwo, mangga endog.


Buah mangga juga memiliki kerabat yang sangat mirip dengannya, yakni Kueni, Bacang, Kemang, dan masih banyak yang lainnya.


Manfaat Buah Mangga


Dalam 1 buah mangga, terdapat berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yakni.


1,5–2 gram serat

15 gram karbohidrat

1–1,5 gram protein

55–60 mikrogram vitamin A

35–60 mg vitamin C

9 mg vitamin E

40–45 mikrogram folat

10–15 mg kalsium

10–15mg magnesium

200 mg kalium

14–20 mg fosfor


Dan untuk penyajian 100 gramnya


86,6 gram air,

0,7 gram protein,

0,5 gram lemak,

12,3 gram karbohidrat,

12 miligram vitamin C,

35 persen vitamin A,

20 persen folat, serta

8 persen vitamin K dan kalium.


Dengan kandungan yang begitu banyak, membuat buah dengan bau khas ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah mangga.


1. Menurunkan Tekanan Darah

Rasa manis pada buah mangga justru akan menurunkan tekanan darah pada manusia. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Oklahoma State University, kadar gula setiap orang dengan berat badan berlebih alias obesitas dapat berkurang jika rutin makan mangga dalam waktu tertentu.


Penurunan kadar gula darah pada tubuh disebabkan senyawa aktif dan antioksidan  khusus yang terdapat dalam buah mangga.


2. Bagus untuk Kesehatan Mata

Buah mangga memiliki dua antioksidan paling banyak ditemukan didalam daging buahnya, yakni Lutein dan Zeaxanthin. Kedua antioksidan tersebut diyakini dapat membantu melindungi fungsi retina dan lensa mata agar bekerja dengan baik meningkatkan ketajaman penglihatan.


Selain itu, mengurangi efek silau mata yang tidak nyaman, mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih sehabis melihat cahaya terang, dan melindungi mata dari sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi kesehatan mata.


3. Dapat Mencegah Kanker

Menurut penelitian para ahli, ekstrak polifenol yang ada pada mangga dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.


Tidak hanya daging buahnya saja, kulit mangga juga memiliki kandungan zat polifeno karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E dan berbagai senyawa aktif lainnya sebagai terapi antikanker dibanding daging buahnya.


4. Meredakan Sembelit

Mengonsumsi buah mangga sangat membantu meredakan penyakit sembelit kronis yang diderita seseorang. Kandungan serat yang tinggi juga dapat mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.


5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencerahkan Kulit

Vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada sebuah buah mangga memiliki 10% dari dosis harian vitamin A sebagai pendukung kekebalan tubuh. 


Buah mangga juga dipercaya dapat mencerahkan kulit dari dalam ke luar. Serta berperan penting dalam kesehatan kulit, bahkan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.


Itulah informasi seputar buah mangga, yang perlu kamu ketahui. Semoga apa yang telah disajikan dalam blog ini berguna bagi kamu. Sampai ketemu di pembahasan buah-buah lainnya.

Komentar