Cempedak Buah Endemik Indonesia dengan Segudang Manfaat


Hai.. hai.. para sobat bloger dimanapun berada

Untuk beberapa wilayah di Indonesia, buah cempedak mungkin sudah tidak asing lagi. Namun bagi kamu yang belum mengenalnya, berikut penjelasan tentang buah cempedak yang masih termasuk kerabat buah nangka.


Buah Cempedak

Moraceae adalah nama latin Cempedak. Cempedak adalah tanaman buah-buahan yang memiliki bentuk buah, rasa dan aroma hampir sama dengan buah nangka. Terkadang aroma dari buah cempedak ini menusuk kuat seperti buah durian jika sudah matang.

Buah cempedak berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas di wilayah Tenasserim di Burma, Malaysia, Thailand, dan di sebagain kepulauan Indonesia, seperti Sumatera, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga Papua.


Klasifikasi Ilmiah Buah Cempedak

Berikut klasifikasi ilmiah dari buah cempedak yang memiliki nama binomial Artocarpus integer.

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Urticales

Famili: Moraceae

Genus: Artocarpus

Spesies: A. integer


Kandungan pada Buah Cempedak

Kalori cempedak sekitar 115 kalori untuk 100 gr buah cempedak. Berikut kandungan pada buah cempedak yang baik untuk tubuh.

25 gram karbohidrat

2,5 gram protein

0,4 gram lemak

3,5 gram serat

40 miligram kalsium

1 miligram zat besi

18 miligram vitamin C

Vitamin B1 dan Vitamin B2


Selain kandungan-kandungan tersebut, buah cempedak juga memiliki kandungan lain, seperti senyawa antioksidan (flavonoid, karoten dan xanthone).


Manfaat Buah Cempedak

Rasanya yang manis, membuat buah cempedak ini banyak di olah menjadi berbagai jenis makanan di Indonesia. Olahan cempedak yang gampang kamu jumpai, seperti cempedak goreng, isian kolak, selai dan lainnya.

Selain daging buahnya, biji dari buah cempedak ini juga dapat diolah menjadi salah satu kuliner yang ada di beberapa wilayah di Nusantara.

Buah cempedak juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya:


1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah ini bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi buah cempedak secara teratur dan tidak berlebihan, akan menghindarkan kita dari sembelit.


2. Mengobati Malaria

Siapa sangka buah yang masih satu keluarga dengan nangka ini mampu mengobati penyakit Malaria. Kandungan senyawa artoindonesianin bersama antioksidan alami lainnya inilah yang bekerja mengobati Malaria.

Ekstrak daging buah cempedak dapat membunuh parasit penyebab penyakit malaria.


3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jangan takut mengonsumsi buah tropis yang satu ini. Meski memiliki rasa yang sangat manis, namun jika dikonsumsi sesuai aturan (tidak berlebihan), akan membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Dibandingkan tepung biasa, manfaat biji cempedak jika dijadikan tepung akan memiliki lebih banyak kandungan serat dan nutrisi, serta terdapat indeks glikemik yang lebih rendah daripada tepung roti. Jadi sangat aman dikonsumsi penderita obesitas atau diabetes.


4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat buat cempedak selanjutnya adalah menurunkan resiko penyakit jantung. Karena buah cempedak kaya akan kalium, serat, antioksidan dan vitamin C.

Kandungan nutrisi pada buah cempedak dapat mengontrol tekanan darah tinggi (hipertensi), serta mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.


5. Mengurangi Resiko Kanker

Buah cempedak memiliki senyawa artoindonesianin yang dapat membunuh parasit malaria. Karena aktivasi sitotoksik (mematikan sel) yang dimilikinya juga berguna pada sel kanker. Senyawa artoindonesianin itu berpotensi menghabat pertumbuhan sel kanker darah leukimia.


6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalium dan fosfor pada buah ini juga bertugas dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.


7. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya kalium dan fosfor, buah cempedak juga mengandung vitamin A yang dipercaya baik untuk mata. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dapat meningkatkan kesehatan mata.


8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dimasa pandemic seperti saat ini, kita diharuskan menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Selain mengonsumsi pil-pil vitamin, buah cempedak ini terkenal efektif dalam menjaga daya tahan tubuh.

Demikian informasi seputar buah cempedak buah endemik Indonesia dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai ketemu di blog-blog buah lainnya yang dapat menambah wawasan sobat-sobat bloger lainnya.

Komentar