Alpukat: Pengertian, Taksonomi, Kandungan, dan Manfaatnya

Buah Segar - Alpukat (Persea americana) dalam Bahasa Indonesia baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut Avokad, merupakan buah yang sering kita jumpai.

Buah serbaguna ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi Manusia. ada banyak zat yang kaya manfaat yang terdapat pada buah ini.

Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya.

Sebagian orang takut untuk mengkonsumsinya karena dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai pengertian, taksonomi, kandungan, dan manfaat yang terdapat pada buah Alpukat.

buah-alpukat
Buah Alpukat (Well Good)

Pengertian Buah Alpukat

Alpukat atau avokad adalah buah yang berasal dari tanaman bernama latin Persea americana. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko bagian selatan.

Pohon alpukat diklasifikasikan sebagai bagian dari famili Lauraceae atau tanaman yang memiliki bunga. Dalam berbagai bahasa, buah avokad mempunyai banyak nama, contohnya dalam bahasa Inggris disebut avocado, avocado pear, atau alligator pear.

Berdasarkan ilmu botani, buah alpukat termasuk jenis buah beri besar dengan satu biji di dalamnya.

Tanaman alpukat sangat bernilai dan mempunyai nilai komersil tinggi. Oleh karena itu, tanaman ini berpotensi untuk dibudidayakan, khususnya di kawasan tropis dan mediterania.

Tanaman alpukat termasuk tanaman yang mampu melakukan penyerbukan sendiri. Pada umumnya, perbanyakan alpukat dilakukan secara okulasi untuk mendapatkan kualitas buah yang sama baik dan mempunyai sifat sama seperti induknya.

Taksonomi Buah Alpukat

Buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan ini memiliki klasifikasi ilimiah sebagai berikut:
  • Kerajaan - Plantae
  • Divisi - Magnoliophyta
  • Kelas - Magnoliopsida
  • Ordo - Laurales
  • Famili - Lauraceae
  • Genus - Persea
  • Spesies - Persea americana

Kandungan Buah Alpukat

Kandungan-buah-alpukat
Kandungan buah alpukat

Buah alpukat memiliki komposisi gizi yang sehat dan mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral. Beberapa diantaranya tersedia dalam jumlah yang banyak. Berikut ini nutrisi yang terkandung dalam setiap 50 gram buah alpukat:
  • Kalori - 80 kal
  • Lemak Jenuh - 1 g
  • Lemak Tak Jenuh Tungal - 5 g
  • Lemak Tak Jenuh Ganda - 1 g
  • Lemak Trans - 1 g
  • Kolestrol - 0 g
  • Karbohidrat - 4 g
  • Serat - 3 g
  • Protein 1 g
Beberapa vitamin yang paling menonjol dalam buah alpukat antara lain :
  • Vitamin B5 - Membantu menurunkan tingkat stress, meringankan rasa sakit dari arthiritis dan kolestrol tinggi.
  • Vitamin B6 - Membantu treat diabetes, pendarahan menstruasi, insomnia, dan morning sickness juga car sickness.
  • Vitamin E - Memiliki anti-agig properties dan mendorong perawatan kulit alami.
  • Vitamin K - Membantu mencegah terjadinya internal bleeding, biliary obstruction, dan osteoporosis.
  • Vitamin C - Membantu meringankan dalam beberapa kelainan mata (eye disorders), kolestrol, dan penyakit jantung.
  • Folat/Folate - Membantu perbaikan dan fungsi DNA.
  • Potassium K - Membantu meringankan stroke dan tekanan darah tinggi.
  • Omega-g Fatty Acid - Melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh.
  • Omega-6 Fatty Acid - Memegang peranan yang krusial dalam fungsi otak.
Sedangkan mineral yang paling banyak ditemukan antara lain, Sodium, Potasium, Magnesium, Kalsium, dan Zat besi.

Manfaat Buah Alpukat

manfaat-buah-alpukat
Manfaat buah alpukat (Istockphoto/Milan Krasula)

Di Indonesia, buah alpukat biasa dikonsumsi secara langsung, tanpa diolah atau dimasak terlebih dahulu ataupun dijadikan olahan makanan dan minuman tertentu. Contohnya adalah jus alpukat yang ditaburi dengan susu bubuk atau susu kental manis.

Banyak juga yang menggunakan buah alpukat sebagai campuran es buah.

Tidak hanya enak saat dikonsumsi, buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:
  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Menjaga kesehatan rambut
  3. Menyehatkan kulit
  4. Menangkal radikal bebas
  5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  6. Mencegah tekanan darah tinggi
  7. Meningkatkan kinerja otak
  8. Mencegah kanker
  9. Menjaga kadar gula dalam darah sehingga mencegah diabetes
  10. Menurunkan kadar kolestrol
  11. Mengurangi resiko stroke
  12. Membantu menurunkan berat badan
  13. Menjaga kesehatan jantung
  14. Menjaga kesehatan bayi
  15. Mencegah Osteoporosis
  16. Mengurangi resiko kanker payudara
  17. Mengurangi resiko depresi
  18. Mencegah sembelit
Selain bermanfaaat untuk bagi kesehatan tubuh, buah alpukat juga memiliki manfaat khusus untuk pria dan wanita. Berikut manfaat buah alpukat untuk pria dan wanita:

Manfaat Buah Alpukat Untuk Pria

Berikut ini merupakan manfaat buah alpukat untuk pria:

1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Buah alpukat mengandung banyak vitamin B terutama asam folat. Oleh karena itu, buah ini sangat direkomendasikan untuk pria. Karena dengan adanya kandungan tersebut dipercaya bisa menambah jumlah sperma.

2. Meningkatkan Kualitas Hubungan Suami Istri

Kandungan kalium dalam alpukat diyakini bisa membantu memfasilitasi sirkulasi darah lebih lancar ke seluruh tubuh. Bagi pria, sirkulasi darah yang lancar tentu bisa membantu masalah ejakulasi dini.

3. Menjaga Stamina Tubuh

Konsumsi alpukat sebelum berhubungan suami istri bisa membantu menjaga stamina. Alpukat berperan penting sebagai asupan gizi bagi tubuh. Asupan tersebut berupa lemak tak jenuh yang sehat. Tubuh dapat mengubahnya menjadi energi secara bertahap. Di sisi lain, asam folat miliknya juga membantu memecahkan protein dan memompa stamina pada tubuh.

Manfaat buah alpukat untuk pria

4. Menjaga 'Mood'

Perasaan atau mood yang buruk mempengaruhi kualitas seks. Alpukat dipercaya dapat membantu menyeimbangkan hormon dan menjaga mood seseorang. Kandungan asam folat diyakini juga berperan akan hal itu. Kurangnya asupan asam folat dalam tubuh dapat meningkatkan perasaan khawatir. Tak hanya itu saja, asam omega 3 dari buah ini juga membantu meningkatkan produksi hormon dopamin di otak, sehingga bisa menjaga dan memperbaiki suasana hati.

5. Sebagai 'Vitamin Seks'

Vitamin E dipercaya bisa meningkatkan produksi hormon estrogen dan progesteron. Tak hanya itu saja, perannya juga penting dalam menjaga hormon dari masalah oksidasi dan degradasi. Manfaat lain vitamin E dalam buah alpukat juga bisa membuat sperma saat proses pembuahan dan melindungi membran sel mereka.

6. Meningkatkan Libido

Alpukat juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya bagi pria. Salah satunya untuk memompa libido. Kandungan zat besi dalam buah ini dipercaya bisa membantu produksi hormon testosteron sehingga memainkan peran penting terhadap libido pria. Kekuragan zat besi bisa membuat pria kurang bersemangat saat berhubungan.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Wanita

Berikut ini merupakan manfaat buah alpukat untuk wanita:

1. Merawat Kulit Wajah Kusam

Buah alpukat mengandung lemah sehat, vitamin, dan antioksidan, yang merupakan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaat buah alpukat untuk wanita, kamu bisa menjadikannya sebagai masker alias dengan menghaluskan daging buahnya.

2. Mengurangi Keriput pada Wajah

Manfaat buah alpukat untuk wanita adalah untuk mengurangi keriput di wajah. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan menggunakan minyak alpukat. 

Manfaat buah alpukat untuk wanita dikarenakan minyak alpukat kaya vitamin yang mampu menumbuhkan dan melembabkan kulit. Minyak alpukat ini mampu mengurangi keriput secara perlahan jika digunakan secara rutin.

3. Menjaga Kulit dari Sinar UV

Adanya kandungan antioksidan dan lemak sehat mampu menghidrasi kulit yang terbakar sinar matahari dan mengurangi rasa sakitnya.

Untuk bisa merasakan manfaat buah untuk wanita buat sebagai masker. Oleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang bermasalah. Kamu bisa juga mencampurkannya dengan minyak zaitun sebelum mengoleskannya untuk menenangkan kulit secara instan.

4. Melebatkan Rambut

Buah alpukat sangat kaya akan vitamin B dan Vitamin E. Kedua Vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut. Vitamin E dari manfaat buah alpukat untuk wanita berfunsi untuk membantu mencegah kerusakan pada kulit kepala. Sedangkan vitamin B meningkatkan pergantian sel yang mampu menghasilkan rambut yang kuat.

5. Mengatasi Anemia

Alpukat mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia defisiensi besi yang sering dialami wanita saat hamil dan haid. Selama kehamilan, ibu akan rentan mengalami anemia. Manfaat buah alpukat untuk wanita mampu mencegah dan mengatasi gejala anemia ini. Kandungan vitamin C dan B kompleks pada alpukat juga mampu mendukung pencegahan anemia selama kehamilan.

manfaat-buah-alpukat-untuk-wanita
Manfaat buah alpukat untuk wanita (Shutterstock.com)

6. Mencegah Preeklamsia

Manfaat buah alpukat untuk wanita dikaitkan dengan penurunan resiko preeklamsia. Ini berkat kandungan kalium di dalamnya. Alpukat bahkan mengandung kalium lebih besar dari pisang. Konsumsi kalium selama kehamilan mampu mencegah kenaikan tekanan darah yang akan memicu preeklamsia.

Preeklamsia adalah suatu kondisi yang ditandai oleh tekanan darah tinggi pada wanita hamil. Preeklamsia adalah kondisi yang sangat serius. Ini bisa mengancam jiwa bagi ibu dan anak jika tidak ditangani. Asupan serat seperti yang ada di dalam alpukat juga telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol, meningkatkan sensitivitas insulin.

7. Melindungi Kehamilan

Folat hadir secara alami dalam banyak makanan termasuk pada alpukat. Konsumsi folat selama kehamilan atau manfaat buah alpukat untuk wanita membantu melindungi terhadap keguguran dan cacat tabung saraf pada janin.

Tak cuma folat, alpukat juga mengandung kolin yang diperlukan untuk perkembangan otak dan saraf janin. Dilansir dari Healthline, kolin diperlukan untuk menghasilkan asetilkolin, neurotransmitter yang memainkan peran penting dalam mengatur memori, suasana hati dan kecerdasan.

8. Memperlancar Haid

Jika Anda merasa haid tidak lancar dan teratur, manfaat buah alpukat untuk wanita bisa dijadikan solusinya. Konsumsi rebusan daun alpukat bisa membantu memperlancar haid dan membuatnya teratur.

9. Mencegah Kanker

Selain mengandung lemak sehat, alpukat juga memiliki asupan folat yang baik untuk tubuh. Dalam berbagai studi manfaat buah alpukat untuk wanita ditemukan bahwa folat mampu melindungi tubuh dari mutasi DNA yang tidak diinginkan. Bahkan, alpukat dapat berperan dalam pengobatan kanker yang sering dialami wanita.

Hal ini disebabkan karena fitokimia pada alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker, dalam waktu bersamaan juga meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Oleh karena itu, manfaat buah alpukat untuk wanita mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker lambung, kanker pankreas, hingga kanker serviks.

10. Memudarkan Stretch Mark

Menggabungkan lemak sehat dalam diet akan memberikan elastisitas dan menghasilkan kulit yang sehat. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dengan vitamin E berlimpah yang akan mencegah stretch mark. Manfaat alpukat untuk wanita ini wajib dicoba!

Demikian penjelasan mengenai pengertian, taksonomi, kandungan, dan manfaat dari buah alpukat. Sampai bertemu kembali di artikel-artikel berikutnya. Hidup sehat, konsumsi buah setiap hari!

Komentar

  1. bagusan dari mana, buah atau cangkok batang menanam pohon pokat ?

    BalasHapus
  2. bagi yang lagi diet, not rekomended yaa guys

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar