5 Manfaat Buah Kesemek Untuk Asam Lambung


Kesemek atau sering juga disebut dengan persimmon, adalah buah yang berasal dari keluarga Ebenaceae. Buah ini memiliki bentuk yang bulat atau oval dengan kulit yang halus dan mengkilap. Kulit buah kesemek dapat berwarna kuning, merah, atau oranye tergantung pada jenisnya. Daging buahnya memiliki tekstur yang lembut dan manis, dan bijinya berukuran kecil.

Buah kesemek banyak tumbuh di berbagai belahan dunia, terutama di Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Ada dua jenis kesemek yang paling umum, yaitu kesemek yang dapat dimakan langsung (non-astringent) dan kesemek yang perlu matang terlebih dahulu agar tidak mengandung zat astringen yang membuat rasanya pahit (astringent).

Selain sebagai makanan yang lezat dan menyegarkan, buah kesemek juga kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat untuk tubuh seperti Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin C, Mangan, Serat, Thiamin, Riboflavin, Folat, Magnesium dan Fosfor.

Dalam ulasan ini, Penulis akan membagikan ulasan mengenai manfaat buah kesemek untuk asam lambung. Langsung simak ulasanya di bawah ini.

1. Mengandung Serat Tinggi

Buah kesemek kaya akan serat, yang dapat membantu mengatasi asam lambung berlebih dengan menyerap kelebihan asam lambung dan mengurangi refluks. Serat juga membantu meningkatkan gerakan usus, mengurangi risiko sembelit, dan memperbaiki fungsi pencernaan secara keseluruhan.

2. Efek Alkalin pada Tubuh

Meskipun kesemek adalah buah yang memiliki rasa manis, setelah dicerna, buah ini memberikan efek alkalin pada tubuh. Efek ini membantu menetralkan kelebihan asam lambung, yang berkontribusi dalam mengurangi sensasi terbakar pada perut dan kerongkongan.

3. Kaya akan Antioksidan

Buah kesemek mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan membantu melindungi sel-sel lambung dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan, yang dapat membantu mengurangi risiko peradangan pada lambung.

4. Sumber Vitamin A dan C

Kesemek adalah sumber vitamin A dan C yang baik, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh dapat lebih baik melawan infeksi dan mengurangi risiko terjadinya peradangan pada lambung.

5. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Konsumsi buah kesemek dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Kandungan seratnya membantu membersihkan saluran pencernaan dan mendorong pergerakan makanan melalui usus dengan lancar.

Demikianlah pembahasan seputar tentang manfaat buah kesemek untuk asam lambung, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, sekian dan terima kasih.


Posting Komentar

0 Komentar