Buah yang Harus Dihindari Ketika Batuk


Batuk adalah refleks alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir, debu, dan benda asing lainnya. Batuk juga merupakan gejala umum yang sering terjadi pada orang-orang dari segala usia.

Meskipun batuk bisa diatasi dengan obat atau pengobatan alami, pengaturan makanan yang benar juga bisa membantu meredakan batuk. Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari saat sedang batuk, karena bisa memperburuk kondisi kita.

Berikut ini ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi saat sedang batuk.

Jeruk

Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Meski begitu, tingginya asam dalam jeruk juga berpotensi mengiritasi tenggorokan. Hal ini juga bisa meningkatkan produksi dahak di dalam saluran pernapasan.

Pada pengidap penyakit refluks asam lambung (GERD), konsumsi jeruk juga dapat memicu kenaikan asam lambung yang memperparah batuk kering.

Nanas

Sebagian orang makan buah nanas untuk meredakan batuk berdahak. Karena tingginya air dalam buah ini dipercaya membantu melegakan saluran pernapasan.

Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain. Enzim ini membantu memecah protein, mengencerkan dahak, dan mengurangi peradangan.

Namun, bromelain juga bisa memicu alergi pada sebagian orang. Kondisi ini ditandai dengan gejala berupa kesulitan bernapas, mual, dan muntah.

Stroberi

Penelitian menemukan bahwa stroberi bisa meningkatkan kadar histamin dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa kalangan.

Ditambah lagi, buah yang tidak boleh dimakan saat batuk ini juga mengandung asam sitrat dan salisilat yang bisa membuat batuk makin parah.

Kelompok buah-buahan beri, termasuk stroberi dan rasberi, juga memiliki biji-biji berukuran kecil yang mungkin mengiritasi tenggorokan Anda.

Kiwi

Kiwi adalah buah yang menyegarkan serta tinggi akan kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya.

Meski begitu, buah ini juga mengandung histamin yang dapat memperburuk gejala batuk pada pengidap alergi.

Histamin bisa menyebabkan peradangan, bersin, dan pilek. Jika Anda sedang batuk, sebaiknya hindari buah kiwi atau batasi asupannya dalam jumlah yang kecil.

Pisang

Buah pisang yang kaya potasium untuk mengatur tekanan darah ternyata tidak boleh dimakan saat batuk.

Penelitian yang diterbitkan oleh Annals of Dermatology berhipotesis bahwa pisang termasuk satu di antara buah yang perlu dihindari saat batuk karena dapat memicu tubuh memproduksi histamin.

Alpukat

Ternyata, alpukat juga merupakan buah yang perlu dihindari saat terkena batuk.

Penelitian yang diterbitkan oleh Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI) menyatakan bahwa dalam satu kilogram alpukat terkandung 23 mg histamin di dalamnya.

Lantaran memiliki kandungan histamin yang cukup tinggi, buah alpukat diduga bisa memperparah batuk.

Itulah beberapa buah yang harus Kamu hindari ketika batuk menyerang. Bila tidak ingin memperparah batukmu maka hindari buah-buah yang ada di atas ya guys.

Komentar