5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Tipes


Untuk penderita tipes, terutama saat mengalami fase pemulihan, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat mendukung pemulihan tubuh dan memperkuat sistem kekebalan. Buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan dapat memberikan keuntungan bagi penderita tipes. Nah, penulis akan merekomendasi beberapa buah yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes. Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Anggur

Seperti yang kita ketahui, bahwa manfaat dari buah anggur sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. Itu dapat dilihat dari kandungan air yang dimiliki buah anggur cukup tinggi dan sangat mudah dicerna oleh tubuh. Para pakar ahli gizi juga menemukan kandungan antioksidan seperti flavonoid dan resveratrol. Resveratrol telah diteliti yang diketahui dapat membantu menangkal inflamasi dan juga termasuk antioksidan yang kuat sehingga mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, buah anggur sangat bagus untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit tifus serta mengalami pemulihan tubuh dengan cepat. Akan tetapi, tidak berlaku pada buah anggur yang sudah difermentasi, sebab hal ini dapat meningkatkan kadar alcohol yang tinggi.

2. Semangka

Dalam hal ini, bagi penderita penyakit tifus akan mengalami suhu tubuh yang naik turun (demam). Maka dari itu buah semangka adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi demam. Sebab buah semangka dapat mencukupi cairan tubuh pada saat tifus. Tubuh membutuhkan kandungan protein sekitar 0,75 gr perhari untuk setiap 1kg berat badannya. Sementara buah semangka memiliki kandungan protein berkisar 0,5 gr per 100 gr. Dijumlah kandungan ini sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada saat menderita penyakit tifus.

3. Pepaya

Buah ini sangat direkomendasikan untuk seseorang yang sedang mengalami penyakit tipes untuk proses pemulihan tubuh. Tidak salah jika buah ini dikonsumsi penderita tifus, karena buah papaya mengandung antioksidan yang tinggi dan nutrisi yang penting, seperti; vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Sebagian besar orang sudah mengetahui khasiat serat yang dihasilkan buah papaya sangat berpengaruh untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, buah pepaya juga banyak mengandung enzim yang dapat memecahkan makanan dan melindungi jaringan serta melapisi saluran pencernaan. Masih banyak lagi manfaat buah ini untuk bidang kesehatan, itu semua tergantung sesuai kebutuhan tubuh dengan tujuan hidup dengan sehat.

4. Kelapa

Tidak ada kontra indikasi ataupun larangan untuk mengkonsumsi air kelapa bagi pasien penderita tipes. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tentang kebersihan air kelapa tersebut harus terjaga. Typhoid  atau penyakit tifus memerlukan banyak mengkonsumsi cairan agar tubuh dapat kembali pulih (fit). Buah ini sangat efektif untuk pemulihan pada penderita penyakit tifus karena air kelapa mengandung elektrolit yang tinggi, kandungan ini sangat baik untuk menggantikan energy yang terbuang. Dengan demikian air kelapa dapat mengatur suhu tubuh yang naik 10% karena terserang penyakit tifus, dapat kembali normal secara cepat sehingga elektrolit didalam tubuh dapat terjaga. Hanya saja jika seseorang penderita penyakit tifus ini harus mengkonsumsi air kelapa disertai antibiotic yang tepat dan adekuat dosisnya untuk sembuh.

5. Pisang

Selain air kelapa, buah pisang juga dapat membantu menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh saat diare. Hal ini terjadi karena buah pisang memiliki kandungan kalium. Buah pisang juga dapat memberikan energy yang lebih bagi penderita tifus. Alasannya, pisang mengandung potassium dan vitamin C. Alangkah baiknya, pisang yang dikonsumsi adalah buah pisang yang sudah matang serta teksturnya yang lembek dan lembut, agar tidak menimbulkan efek kejut yang berlebihan (trauma)  pada usus pada saat mencerna. Dengan beberapa kandungan yang terdapat pada buah ini, dapat di kategorikan buah pisang mampu membantu seseorang untuk melawan penyakit tifus. Karena terdapat segudang-manfaat-buah-pisang

Itulah pembahasan mengenai rekomendasi buah yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Posting Komentar

0 Komentar