Segudang Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Buah plum adalah buah yang berasal dari keluarga Prunus yang juga termasuk dalam keluarga kerabat persik, ceri, dan aprikot. Buah ini memiliki kulit yang halus, warnanya bisa bervariasi dari ungu tua, merah, kuning, hijau, atau biru kehitaman.

Daging pada buah plum terbagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang berair dan jenis yang berdaging. Buah plum biasanya dimakan segar atau digunakan sebagai bahan dalam masakan dan minuman.

Buah plum tersedia dalam berbagai varietas dan ukuran, dari yang kecil seukuran kelereng hingga yang besar seukuran bola golf. Buah plum dapat dikonsumsi segar atau dikeringkan menjadi kismis, dan juga dapat digunakan dalam berbagai masakan dan kue.

Buah plum mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalium, dan antioksidan. Antioksidan dalam buah plum dikenal sebagai antosianin, yang memberikan buah plum warna ungu kebiruan dan merah tua. Antosianin ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

Selain itu, buah plum juga dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Buah plum juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan tulang, serta menjaga kesehatan kulit dan mata.

Buah plum kaya akan nutrisi dan serat, serta rendah kalori. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan potasium.

Lantas, apa saja sih manfaat buah plum bagi kesehatan? Berikut ulasannya!

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Buah plum mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Selanjutnya untuk menjaga kesehatan tulang. Buah plum mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat ketiga untuk mengurangi risiko kanker. Buah plum mengandung senyawa anti-kanker seperti asam klorogenat dan antosianin yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berikutnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini mengandung vitamin C dan vitamin A yang dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, buah plum juga dipercaya mampu menjaga kesehatan mata, loh. Plum mengandung vitamin A dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata.

Posting Komentar

0 Komentar