Yuk Ketahui 5 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi seorang wanita. Akan tetapi, membuat pilihan yang sehat selama waktu kehamilan juga sangatlah penting. Jika kamu sedang hamil, maka kamu harus memakan makanan yang sehat untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Kamu harus memasukkan buah-buahan dan sayuran segar ke dalam makananmu karena mereka penuh dengan nutrisi penting dan kaya akan serat. Salah satunya adalah buah pisang. Buah pisang sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat membantu mengatasi mual juga muntah selama trimester awal kehamilan.

Selain untuk mengatasi mual, buah pisang juga dapat membantu mengurangi risiko cacat pada bayi. Dengan makan pisang, diketahui dapat memberi bayi mineral dan vitamin yang diperlukan untuk pertumbuhannya.

Ingin tahu lebih dalam menganai manfaat buah pisang? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Manfaat Buah Pisang Bagi Kehamilan

- Membantu meredakan rasa mual dan muntah 

Buah pisang kaya aka vitamin B6 atau piridoksin yang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan morning sickness. Sehingga, makan pisang, terutama pada trimester pertama kehamilan sangat dianjurkan bagi wanita hamil.

- Menurunkan risiko cacat lahir pada bayi

Pisang merupakan sumber folat yang baik, yang diperlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Manfaat pisang selama kehamilan meningkatkan kadar folat dalam tubuh sehingga menurunkan kemungkinan kekurangan folat, yang diketahui menyebabkan cacat lahir pada bayi.

- Membantu dalam perkembangan sistem saraf bayi

Buah pisang kaya akan vitamin B6 yang larut dalam air, yang diperlukan untuk perkembangan sistem saraf pusat bayi. Manfaat pisang jika dikonsumsi secara teratur pada trimester pertama kehamilan terbukti bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. 

- Meredakan sembelit 

Sembelit adalah masalah umum selama kehamilan. Manfaat pisang mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi, yang membantu menstimulasi buang air besar dan mengurangi kembung di perut yang disebabkan oleh gas. 

Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 6gram serat. Makan pisang dapat memperlancar buang air besar, sehingga dapat meredakan sembelit.

- Memberikan energi bagi ibu hamil 

Buah pisang kaya akan karbohidrat karena mengandung gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh untuk memberikan dorongan energi secara langsung.

Selama trimester terakhir kehamilan, makan pisang dapat meningkatkan energi dengan cepat. Manfaat pisang bahkan akan membantu kamu melawan kelelahan dan meningkatkan energi.

Nah moms, itulah beberapa manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui. Buat mom’s yang sedang hamil, semoga mom’s dan calon si buah hati sehat selalu ya.

Posting Komentar

0 Komentar